Jumat, 30 Maret 2018

MAKALAH MANAJEMEN MODAL KERJA


MANAJEMEN MODAL KERJA
DITUJUKAN UNTUK MATA KULIAH
PENGANTAR MANAJEMEN KEUANGAN



DISUSUN OLEH :
1.      ABU HASYIM
030216676
2.      ASTI RIZKIANI
030216685
3.      AIDAH YULIANA
030216700
4.      SOPIAH
030216746
5.      NUR ASIYAH J
030216792


KELAS: KHUSUS - MANAJEMEN


SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
DR. KHEZ. MUTTAQIEN
2018

KATA PENGANTAR


Segala puji kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah Manajemen Modal Kerja mata kuliah Pengantar Manajemen Keuangan ini dengan baik sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan.
Penyusun berharap makalah ini dapat bermanfaat secara maksimal bagi kegiatan pembelajaran mata kuliah Pengantar Manajemen Keuangan di kampus STIE DR.KHEZ.Muttaqien.
Dalam penyusunan tugas ini tentu jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan dan penyempurnaan tugas ini dan untuk pelajaran bagi kita semua dalam pembuatan tugas-tugas yang lain di masa mendatang. Semoga dengan adanya tugas ini kita dapat belajar bersama demi kemajuan kita dan kemajuan ilmu pengetahuan.





Purwakarta,   Februari 2018


Penyusun




DAFTAR ISI
                                                                                                                                         
KATA PENGANTAR ..................................................................................... i
DAFTAR ISI .................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ....................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah .................................................................................. 1
C.     Manfaat Penulisan .................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Manajemen Modal Kerja ...................................................... 3
B.     Konsep Modal Kerja .............................................................................. 3
C.     Arti Penting dan Tujuan Manajemen Modal Kerja ................................ 5
D.    Jenis-Jenis Modal Kerja........................................................................... 6
E.     Sumber Modal Kerja............................................................................... 7
F.      Perputaran Modal Kerja ......................................................................... 8
G.    Penentuan Besarnya Kebutuhan Modal Kerja ....................................... 9
H.    Penggunaan Modal Kerja ..................................................................... 11
I.       Contoh Soal Modal Kerja .................................................................... 12
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ........................................................................................... 17
B.     Saran ..................................................................................................... 18

DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN


A.       LATAR BELAKANG
Perusahaan merupakan lembaga ekonomi yang bertujuan menghasilkan barang dan jasa melalui penggunaan sumber-sumber ekonomi secara efektif dan efisien. Setiap perusahaan yang menjalankan usaha selalu membutuhkan modal kerja. Modal kerja itu antara lain digunakan untuk pembelian bahan baku, aktiva tetap, pembayaran gaji karyawan dan pembayaran biaya-biaya lainnya.       
Manajemen modal kerja yang efektif dan efisien menjadi sangat penting untuk pertumbuhan dan kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Apabila perusahaan kekurangan modal kerja maka besar kemungkinannya perusahaan tersebut akan kehilangan pendapatan dan keuntungan. Perusahaan yang tidak memiliki modal kerja yang cukup tetapi tidak dapat membayar kewajiban jangka pendek pada waktunya maka akan menghadapi masalah likuiditas.
B.       RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian dari Manajemen Modal Kerja?
2. Apa saja konsep Manajemen Modal Kerja?
3. Apa arti penting dan tujuan Manajemen Modal Kerja?
4. Apa saja jenis-jenis Modal Kerja?
5. Apa saja sumber Modal Kerja?
6. Bagaimana perputaran Modal Kerja?
7. Bagaimana menentukan besarnya perputaran Modal Kerja?
8. Contoh soal Modal Kerja?
C.       MANFAAT PENULISAN
1. Menambah wawasan terhadap materi Manajemen Modal Kerja
2. Menambah ilmu pengetahuan penulis, khususnya dalam sistem pembuatan karya tulis


BAB II
PEMBAHASAN


A.       PENGERTIAN MANAJEMEN MODAL KERJA
Modal kerja didefinisikan sebagai modal yang digunakan untuk membiayai operasional perusahaan sehari-hari, terutama yang memiliki jangka waktu yang pendek. Dengan kata lain Modal Kerja merupakan investasi yang ditanamkan dalam aktiva lancar atau aktiva jangka pendek, seperti kas, bank, surat berharga, piutang, persediaan, dan aktiva lancar lainnya.
Sedangkan manajamen modal kerja merupakan suatu pengelolaan investasi perusahaan dalam aset jangka pendek (current assets). Yang berarti bagaimana mengelola investasi dalam aktiva lancar perusahaan. Adapun menurut Weston dan Brigham (1986) menjelaskan bahwa manajemen modal kerja adalah investasi perusahaan dalam jangka pendek, yang meliputi kas, surat-surat berharga (efek), piutang, dan persediaan.
B.       KONSEP MODAL KERJA
Bambang Riyanto (1995) mengemukakan modal kerja dapat dibagi menjadi 3 konsep yaitu konsep kuantitatif, kualitatif, dan fungsional.
1.      Konsep Kuantitatif
Modal kerja menurut konsep kuantitatif menggambarkan keseluruhan atau jumlah dari aktiva lancar seperti kas, surat-surat berharga, piutang persediaan atau keseluruhan daripada jumlah aktiva lancar dimana aktiva lancar ini sekali berputar dan dapat kembali ke bentuk semula atau dana tersebut dapat bebas lagi dalam waktu yang relatif pendek atau singkat. Konsep ini biasanya disebut modal kerja bruto (gross working capital).
Berdasarkan konsep tersebut di atas dapat disimpulkan, bahwa konsep tersebut hanya menunjukkan jumlah dari modal  kerja yang digunakan untuk menjalankan kegiatan operasi perusahaan sehari-hari yang sifatnya rutin, dengan tidak mempersoalkan dari mana diperoleh modal kerja tersebut, apakah dari pemilik hutang jangka panjang ataupun hutang jangka pendek. Modal kerja yang besar belum tentu menggambarkan batas keamanan atau margin of safety yang baik atau tingkat keamanan para kreditur jangka pendek yang tinggi. Jumlah modal kerja yang besar belum tentu menggambarkan likuiditas perusahaan yang baik sekaligus belum tentu menggambarkan jaminan kelangsungan operasi perusahaan pada periode berikutnya.
2.      Konsep Kualitatif
Menurut konsep kualitatif modal kerja merupakan selisih antara aktiva lancar dengan utang lancar. Berdasarkan konsep ini modal kerja merupakan sebagian dari aktiva lancar yang benar-benar dapat digunakan untuk membiayai operasi perusahan tanpa menunggu likuiditasnya. Konsep ini biasa disebut dengan modal kerja neto (net working capital).
Definisi ini bersifat kualitatif karena menunjukkan tersedianya aktiva lancar yang lebih besar daripada hutang lancar dan menunjukkan tingkat keamanan bagi kreditur jangka pendek serta menjamin kelangsungan operasi di masa mendatang dan kemampuan perusahaan untuk memperoleh tambahan jangka pendek dengan jaminan aktiva lancar.
3.      Konsep Fungsional
Modal kerja menurut konsep ini menitik beratkan pada fungsi dari pada dana dalam menghasilkan dana atau income dari usaha pokok perusahaan. Setiap dana yang digunakan dlam perusahaan dimaksudkan untuk menghasilkan pendapatan. Ada dana yang digunakan dalam satu periode akuntansi tertentu yang menghasilkan pendapatan pada periode tersebut. Sementara itu, ada pula dan yang dimaksudkan untuk menghasilkan pada periode-periode selanjutnya atau dimasa yang akan datang, misalnya bangunan, mesin-mesin, alat-alat kantor atau aktiva tetap lainnya yang disebut future income.
Jadi modal kerja menurut konsep ini adalah dana digunakan untuk menghasilkan pendapatan pada saat ini sesuai dengan maksud utama didirikannya perusahaan, diantaranya kas, piutang dagang. Dan lain sebagainya. Sedangkan efek atau surat berharga dan marjin laba dari piutang merupakan modal kerja potensial yang akan menjadi modal kerja bila piutang sudah dibayar dan efek sudah dijual.

C.       ARTI PENTING DAN TUJUAN MANAJEMEN MODAL KERJA
Pentingnya manajemen modal kerja perusahaan, terutama bagi kesehtan keuangan dan kinerja perusahaan adalah:
1.      Bahwa kegiatan seorang manjemen keuangan lebih banyak dihabiskan dalam kegiatan operasional perusahaan dari waktu ke waktu atau dengan kata lain sebagian besar waktu dialokasikan untuk mengurus modal kerja.
2.      Investasi dalam aktiva lancar, cepat sekali berubah dan sering kali mengalami perubahan serta cenderung labil.
3.      Dalam praktinya sering sekali bahwa lebih dari separu dari total aktiva merupakan bagian dari jumlah aktiva lancar, yang merupakan modal kerja perusahaan.
4.      Khusus bagi perusahaan kecil manajemen modal kerja sangat penting karena investasi dalam aktiva tetap dapat ditekan dengan menyewa, tetapi investasi lancar dalam piutang dan sediaan tidak dapat dihindarkan harus segera terpenuhi.
5.      Khusus bagi perusahaan yang relatif kecil fungsi manajemen modal kerja sangat penting.
6.      Terdapat hubungan yang sangat erat antara pertumbuhan penjualan dengan kebutuhan modal kerja.
Kemudian tujuan manajemen modal kerja bagi perusahaan sebagai berikut:
1.    Modal kerja digunakan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas perusahaan, artinya likuiditas suatu perusahaan sangat tergantung pada manajemen modal kerja.
2.    Dengan modal kerja yang cukup perusahaan memiliki kemampuan untuk memenuhi kewajiban pada waktunya.
3.    Memungkinkan untuk perusahaan memiliki sediaan yang cukup dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggannya.
4.    Memungkinkan perusahaan untuk memperoleh tambahan dana dari para kreditor, apabila rasio keuangannya memenuhi syarat seperti likuiditas yang terjamin.
5.    Memungkinkan perusahaan memberikan syarat kredit yang menarik minat pelanggan, dengan kemampuan yang dimilikinya.
6.    Guna memaksimalkan penggunaan aktiva lancar guna meningkatkan laba dan penjualan.
7.    Perusahaan mampu melindungi diri apabilla terjadi krisis modal kerja akibat turunya nilai aktiva lancar.

D.       JENIS-JENIS MODAL KERJA
Menurut WB. Taylor da Bambang Rianto (1995) Modal Kerja digolongkan dalam beberapa jenis yaitu
1.      Modal Kerja Permanen (Permanent Working Capital)
Modal kerja permanen yaitu modal kerja yang ada pada perusahaan untuk dapat menjalankan fungsinya, modal kerja ini terdiri dari:
a.       Modal kerja primer (Primary Working Capital)
Modal kerja primer merupakan jumlah modal kerja minimum yang harus ada pada perusahaan untuk menjaga kontinuitas usahanya atau modal kerja yang secara terus menerus diperlukan untuk kegiatan usahanya.
b.      Modal kerja normal
Modal kerja normal adalah modal kerja dibutuhkan untuk proses produksi normal.


2.      Modal Kerja Variabel (Variable Working Capital)
Yaitu modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan perubahan keadaan, modal kerja ini terdiri dari:
a.       Modal kerja musiman (Seasonal Working Capital)
Modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah disebabkan oleh fluktuasi musim.
b.      Modal kerja siklis (Cyclical Working Capital)
Modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah disebabkan oleh fluktuasi konjungtur.
c.       Modal kerja darurat (Emergency Working Capital)
Modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah karena adanya keadaan darurat yang tidak diketahui sebelumnya (misalnya adanya pemogokan buruh, banjir, perobahan keadaan ekonomi yang mendadak).

E.       SUMBER MODAL KERJA
Sumber dana untuk modal kerja dapat diperoleh dari penurunan jumlah aktiva dan kenaikan pasiva. Berikut ini beberapa sumber modal kerja yang dapat digunakan:
1.      Hasil operasi perusahaan
2.      Keuntungan penjualan surat berharga
3.      Penjulan saham
4.      Penjualan aktiva tetap
5.      Penjualan obligasi
6.      Memperoleh pinjaman
7.      Dana hibah
Secara khusus sumber modal kerja dibagi menjadi dua macam:
1.      Pembiayaan permanen
2.      Pembiayaan lancar
Sumber modal kerja untuk pembiayaan lancar digunakan untuk membiayai modal kerja variabel yang biasanya terdiri dari dua sumber:
a.       Modal dari sumber internal terdiri dari:
1)      Penyusunan
2)      Kewajiban yang belum jatuh tempo
3)      Cadangan dan laba
b.      Modal sumber enksternal:
1)      Kredit
2)      Pinjaman

F.        PERPUTARAN MODAL KERJA
Modal Kerja selalu dalam keadaan operasi atau berputar dalam perusahaan selama perusahaan yang bersangkutan dalam keadaan usaha. Periode perputaran modal kerja (working capital turn over ) dimulai dari saat dimana kas diinvestasikan dalam komponen-komponen modal kerja sampai saat dimana kembali lagi menjadi kas.
Menurut Kasmir (2011:182), yang menyatakan bahwa: Perputaran modal kerja atau working capital turn over merupakan salah satu rasio untuk mengukur atau menilai keefektifan modal kerja perusahaan selama periode tertentu.  Artinya seberapa banyak modal kerja berputar selama satu periode atau dalam satu periode.
Makin pendek periode tersebut berarti makin cepat perputarannya atau makin tinggi tingkat perpuatarannya ( turnover rate-nya ). Perputaran modal kerja sangat penting untuk melihat berapa modal kerja yang diguanakan perusahaan untuk menciptakan penjualannya sehingga nantinya dapat menambah pundi-pundi finansial perusahaan. Dengan memperhatikan modal kerja akan memungkinkan perusahaan dapat menggunakan sumber dayanya dengan ekonomis sehingga bahaya akan krisis keuangan akan dapat diminimalisir.
Berikut rumus untuk menghitung rasio perputaran modal kerja.
1.      Jika nilai penjualan naik, maka rasio tersebut akan tinggi. Begitu pula jika modal kerja turun.
2.      Sebaliknya, jika penjualan turun maka rasio tersebut juga akan rendah. Apalagi jika modal kerja naik.
Contoh:
Jumlah penjualan netto suatu perusahaan adalah Rp. 8 Miliar, aset lancar yang dimiliki Rp. 2,4 Miliar, sedangkan utang lancar yang dimiliki hanya sekitar Rp. 1 Miliar. Maka perputaran modal kerja adalah….
WCTR = Penjualan: (Aset Lancar-Utang Lancar)
        = Rp. 8 miliar : (Rp. 2,4 miliar – Rp. 1 miliar)
        = 5,17 kali.
Hal tersebut menandakan bahwa dana yang tertanam dalam modal kerja berputar rata-rata 5,17 kali dalam satu tahun

G.      PENENTUAN BESARNYA KEBUTUHAN MODAL KERJA
Besar kecilnya kebutuhan modal kerja tergantung kepada faktor-faktor berikut ini:
1.      Besar Kecilnya Skala Usaha Perusahaan
Kebutuhan Modal Kerja Perusahaan besar berbeda dengan Perusahaan kecil. Hal ini terjadi karena beberapa alasan, perusahaan besar  mempunyai keuntungan akibat lebih luasnya sumber pembiayaan yang tersedia di bandingkan perusahaan kecil yang sangat tergantung pada beberapa sumber saja. Pada perusahaan kecil, tidak tertagihnya beberapa piutang para langganan dapat  sangat mempengaruhi unsur-unsur modal kerja lainnya seperti kas dan persediaan.
2.      Aktivitas Perusahaan
Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tidak mempunyai persediaan barang dagangan sedangkan perusahaan yang menjual persediaannya secara tunai memiliki piutang dagang. Hal ini mempengaruhi tingkat perputaran dan jumlah modal kerja suatu perusahaan. Demikian pua dengan syarat pembelian dan waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi atau memperoleh barang yang akan dijual.
3.      Volume Penjualan
Volume penjualan merupakan faktor yang sangat penting yang mempengaruhi kebutuhan  modal kerja. Bila penjualan meningkat maka kebutuhan modal kerjapun akan meningkat demikian sebaliknya.
4.      Perkembangan Teknologi
Kemajuan tehnologi, khususnya yang berhubungan dengan proses produksi akan mempengaruhi kebutuhan modal kerja. Otomatisasi yang mengakibatkan proses produksi yang lebih cepat membutuhkan persediaan bahan baku yang lebih banyak agar kapasitas maksimum dapat tercapai, selain itu membuat perusahaan mempunyai persediaan barang jadi, dalam jumlah jumlah yang lebih banyak pula bila tidak diimbangi dengan pertambahan penjualan yang besar.
5.      Sikap perusahaan terhadap likuiditas dan profitabilitas
Adanya biaya dari semua dana yang digunakan perusahaan mengakibatkan jumlah modal kerja yang yang relatif besar mempunyai kecenderungan  untuk mengurangi laba perusahaan, tetapi dengan menahan uang kas dan persediaan persediaan yang lebih besar akan membuat perusahaan lebih mampu untuk membayar transaksi yang dilakukan dan resiko kehilangan pelanggan tidak terjadi karena perusahaan mempunyai persediaan barang yang cukup (Sundjaja, 2003).



6.      Periode perputaran atau periode terikatnya modal kerja
Merupakan keseluruhan atau jumlah dari periode yang meliputi jangka waktu pemberian kredit beli,lama penyimpanan bahan mentah di gudang,lamanya proses produksi,lamanya barang disimpan di gudang,jika waktu penerimaan piutang.
7.      Pengeluaran kas rata-rata setiap hari
Merupakan jumlah pengeluaran kas rata-rata setiap hari untuk keperluan bahan mentah,bahan pembantu,pembayaran upah buruh,dan lain-lain. Menurut Zamit (2009) modal kerja makin besar,jika :
a.       Jumlah pengeluaran kas setiap tetap,periode perputaran lama.
b.      Periode perputaran tetap,jumlah pengeluaran kas besar.

H.       PENGGUNAAN MODAL KERJA
Penggunaan modal kerja menurut Kasmir ( 2012: 258) biasa dilakukan perusahaan untuk:
1.      Pengeluaran untuk gaji, upah dan biaya operasi perusahaan lainnya
Maksudnya dari pengeluaran untuk gaji, upah dan biaya operasi perusahaan lainya, perusahaan mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar gaji, upah dan biaya operasi perusahaan lainnya yang digunakaan untuk menunjang penjualan.
2.      Pengeluaran untuk membeli bahan baku atau barang dagangan
Maksudnya pengeluaran untuk membeli bahan baku atau barang dagaan adalah pada sejumlah bahan baku yang dibeli yang akan digunakaan untuk proses produksi dan pembelian barang dagaan untuk di jual kembali.
3.      Menutupi kerugian akibat penjualan surat berharga
Maksudnya menutupi kerugian akibat penjualan surat berharga adalah pada saat perusaan menjual surat-surat berharga, namun mengalami kerugian. Hal ini akan mengurangi modal kerja dan segera ditutupi.

4.      Pembentukan dana
Pembentukan dana merupakan pemisahan aktiva lancar untuk tujuan tertentu dalam jangka panjang, misalnya pembentukan dana pensiunan, dana ekspansi, atau dana pelunasaan obligasi. Pembentukan dana ini akan mengubah bentuk aktiva dari aktiva lancar menjadi aktiva tetap.
5.      Pembelian aktiva tetap (tanah, bangunan, kendaraan, dan mesin )
Pembelian aktiva tetap atau investasi jangka panjang seperti pembelian tanah, bangunan, kendaraan dan mesin. Pembelian ini akan mengakibatkan berkurangnya aktiva lancar dan timbulnya utang lancar.

I.       CONTOH SOAL MODAL KERJA
Contoh soal 1
PT. Abadi Sentosa memiliki neraca dan laporan laba rugi sebagai berikut:

P.T. Abadi Sentosa
Neraca
Per 31 Desember 2006
( dalam ribuan rupiah )
Kas                                         461.538
Piutang Dagang                   1.900.000
Persediaan                           2.300.000
Total Aktiva Lancar            4.661.538

Aktiva Tetap                     10.463.462

    

Total Aktiva                      15.125.000
Utang Dagang                         1.500.000
Utang Bank                                312.500
Utang Wesel                               568.269
Total Utang Lancar                 2.380.769

Utang jangka Panjang             4.500.000
Modal Saham                          4.750.000
Laba ditahan                           3.494.231

Total Utang + Modal            15.125.000                                   


P.T. Abadi Sentosa
Laporan Rugi Laba
Per 31 Desember 2006
( dalam ribuan rupiah )
Penjualan                                                                                            60.000.000
Harga Pokok Penjualan                                                                   (41.400.000)
Laba Kotor                                                                                         18.600.000
Biaya Administrasi dan Umum                                                         (6.250.000)       
Laba Sebelum Bunga dan Pajak ( EBIT                                            12.350.000
Bunga                                                                                                 (3.750.000)
Laba sebelum Pajak  ( EBT )                                                               8.600.000
Pajak penghasilan 30 %                                                                     (2.580.000)
Laba Bersih Setelah Pajak                                                                   6.020.000

PT. Abadi Sentosa pada tahun 2007 merencanakan menjual produknya senilai Rp. 75.000.000 Perusahaan bekerja sebulan rata-rata 30 (tiga puluh hari). Berapa besar kebutuhan modal kerja PT. Abadi tahun 2007?
Jawaban:
Perputaran Kas =    Penjualan  = Rp 60.000.000  =  130 kali
                                   
Kas             Rp 461.538
Perputaran Piutang =    Penjualan  = Rp 60.000.000  =  31 kali
                                             
Piutang         Rp 1.900.000
Perputaran Persediaan = Harga Pokok Penjualan =   Rp 41.400.000  =  18 kali
                                                
Persediaan                     Rp 2.300.000                                                    
Setelah perputaran dari setiap unsur modal kerja di ketahui, selanjutnya di hitung periode terikatnya unsur modal kerja, dan hasilnya dijumlahkan menjadi periode terikatnya modal kerja (diasumsikan 1 tahun = 360 hari).
Periode terikatnya modal kerja adalah sebagai berikut:
Kas                        = 360/130 =   3 hari
Piutang                  = 360/31   = 12 hari
Persediaan             = 360/18   = 20 hari
Jumlah                                          35 hari
Dengan demikian periode terikatnya modal kerja secara keseluruhan adalah 35 hari, sehingga perputaran unsur modal kerja adalah 360/35 = 10 kali.
Apabila pada tahun 2007 perusahaan diperkirakan akan mampu menjual produknya seharga Rp. 75.000.000 maka:
Kebutuhan modal kerjanya  =  Rp 75.000.000   =  Rp. 7.500.000
                                                         
10
Contoh soal 2:
Perusahaan Sepatu “Andrew” pada tahun 2007 merencanakan untuk memproduksi dan menjual sepatu sebanyak 720.000 pasang sepatu.  Perusahaan bekerja sebulan rata- rata 30 hari. Setiap pasang sepatu membutuhkan 2 kg bahan baku kulit.
1.      Harga beli baku kulit per kg adalah Rp. 9.000. pembelian bahan baku selalu dilakukan secara tunai. Setelah dibeli sambil menunggu proses produksi, bahan baku di simpan di gudang selama 10 hari. Proses produksi membutuhkan waktu selama  5 hari.
2.      Penjualan sepatu dilakukan secara kredit dan baru dapat di tagih selama 30 hari.
3.      Upah tenaga kerja langsung Rp. 5.000 per pasang.  
4.      Biaya pemasaran dan administrasi ditaksir sebesar Rp. 60.000.000 per bulan.
5.      Untuk berjaga-jaga disediakan kas kecil sebesar Rp. 20.000.000.  
Dari data diatas, hitunglah besarnya kebutuhan modal kerja perusahaan tersebut untuk tahun 2007!
Jawaban:
Perputaran Bahan Baku:
Penyimpanan bahan Baku                                                    10 hari
Proses Produksi                                                                       5 hari
Penagihan Piutang                                                                 30 hari
Total                                                                                     45 hari
Perputaran Upah Langsung:
Proses Produksi                                                                      5 hari
Penagihan Piutang                                                                 30 hari
Total                                                                                     35 hari
Pengeluaran Kas per hari:
Bahan Baku (2.000 x 2 kg x Rp 9.000)                       = Rp 36.000.000
Upah Langsung (2000  x Rp 5.000)                            = Rp 10.000.000
Biaya Administrasi dan Pemasaran                              = Rp   2.000.000
(60.000.000 :  30 Hari)




Kebutuhan Modal Kerja:
Bahan Baku = 45 hari x Rp 36.000.000                      = Rp 1.620.000.000
Upah Langsung = 35 hari x Rp 10.000.000                 = Rp    350.000.000
Biaya Administrasi dan Pemasaran= 35 hari x Rp 2.000.000   
     = Rp      70.000.000
                                                                                            Rp 2.040.000.000,-


BAB III
PENUTUP


A.       KESIMPULAN
Manajamen modal kerja merupakan suatu pengelolaan investasi perusahaan dalam aset jangka pendek (current assets). Yang berarti bagaimana mengelola investasi dalam aktiva lancar perusahaan. Bambang Riyanto (1995) mengemukakan modal kerja dapat dibagi menjadi 3 konsep yaitu konsep kuantitatif, kualitatif, dan fungsional.
Menurut WB. Taylor da Bambang Rianto (1995) Modal Kerja digolongkan dalam beberapa jenis yaitu
1.      Modal Kerja Permanen (Permanent Working Capital)
Modal kerja permanen yaitu modal kerja yang ada pada perusahaan untuk dapat menjalankan fungsinya, modal kerja ini terdiri dari :
a.       Modal kerja primer (Primary Working Capital)
b.      Modal kerja normal
2.      Modal Kerja Variabel (Variable Working Capital)
Yaitu modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan perubahan keadaan, modal kerja ini terdiri dari :
a.       Modal kerja musiman (Seasonal Working Capital)
b.      Modal kerja siklis (Cyclical Working Capital)
c.       Modal kerja darurat (Emergency Working Capital)
Perputaran modal kerja atau working capital turn over merupakan salah satu rasio untuk mengukur atau menilai keefektifan modal kerja perusahaan selama periode tertentu.  Artinya seberapa banyak modal kerja berputar selama satu periode atau dalam satu periode.

B.       SARAN
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap makalah ini dapat diberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya dan dapat mempermudah kami untuk mempelajari mata kuliah Pengantar Manajemen Keuangan.


DAFTAR PUSTAKA

Bambang Rianto. 1995. Dasar-dasar pembelajaran perusahaan. Yoyakarta:yayasan badan penerbit gadjah mada
http://karyacombirayang.blogspot.co.id/2016/04/makalah-modal-kerja.html?m=1










2 komentar:

 

Sunshine Template by Ipietoon Cute Blog Design